Virus merupakan mikroorganisme bersifat patogen (mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit ketika berada pada inangnya) yang bereplikasi pada sel makhluk hidup. Biasanya mereka akan mencari tempat untuk bereplikasi karena tidak memiliki perlengkapan selular dalam melakukan reproduksi. Sehingga seringkali virus disebut sebagai parasit. Virus dapat menginfeksi semua  makhluk hidup seperti tumbuhan, hewan dan  manusia. Setelah virus berhasil memasuki jaringan tubuh atau sel pada makhluk hidup, mereka akan melakukan pergerakan dengan yang berdampak pada terganggunya metabolisme atau merusak sel dan jaringan yang menimbulkan penyakit.

Sementara, Bakteri dikenal sebagai organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Bakteri memiliki ukuran yang sangat kecil (mikroskopik). Bakteri bisa hidup di berbagai tempat, baik di dalam tubuh atau di luar tubuh. Tidak semua bakteri bersifat merugikan bagi makhluk hidup, misalnya seperti Lactobacillus rhamnosus, bakteri baik yang berada pada tubuh manusia bermanfaat untuk mengatasi diare, menjaga kesehatan organ hati dan melindungi saluran pencernaan. Namun beberapa diantaranya bakteri bersifat merugikan yang dapat menimbulkan penyakit.

Seperti yang kita ketahui virus dan bakteri dapat tinggal dimana saja termasuk pada air minum. Untuk dapat mengurangi resiko terinfeksi virus dan bakteri jahat, tahukah kamu? Ada beberapa cara untuk membunuh virus dan bakteri pada air minum. Salah satunya adalah dengan cara dipanaskan pada waktu dan suhu tertentu. Berikut adalah tabel informasi suhu dan waktu yang dibutuhkan untuk membunuh bakteri/virus (per Log)

Nama Bakteri / VirusSuhu (C)Waktu (detik)Referensi
E. coli720.4Sorqvist et al. (2003)
Salmonella typhimurium65<2Spinks et al. (2006)
Vibrio cholerae5522.5Johnston & Brown (2002)
Shigella sonnei653Spinks et al. (2006)

Sumber : Guidelines for drinking-water quality, fourth edition. Editors : WHO https://www.who.int//water_sanitation_health/publications/2011/dwq_guidelines/en/

    Virus yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah virus corona. Penyebaran virus yang terjadi begitu cepat di berbagai belahan dunia. Virus Corona adalah salah satu virus yang mati pada suhu diatas 56°C. Hal ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh WHO yang berbunyi “Heat at 56°C kills the SARS coronavirus at around 10000 units per 15 min (quick reduction)”

Jadi pastikan air minum Anda sudah melalui proses pemanasan terlebih dahulu ya. Air Minum Amidis adalah satu – satunya air minum yang diproses dengan teknologi destilasi pada suhu lebih dari 110°C, memastikan tidak ada virus dan bakteri yang masih hidup dan tertinggal sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Saatnya #UpgradeKeDistilasi

Dapatkan produk Amidis di Hypermarket, Supermarket, dan Minimarket (Alfamidi)

Sumber : https://www.who.int/csr/sars/survival__2003_05_04/en/

#BeyondPurity #AmidisBeyondPurity #PilihAmidis