Health Tips

Jangan menyepelekan air karena air merupakan zat gizi yang memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Hal itu tentu saja akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat dan nyaman.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi air yang diperlukan oleh tubuh:

  • Pembentuk sel dan cairan tubuh
    Komponen utama sel adalah air, sebesar 70-85%. Sedangkan dalam sel lemak, kurang dari 10% dan darah sebesar 83% . Air juga berperan besar dalam cairan lambung, hormon, enzim dan otot.
  • Pengatur suhu tubuh
    Air dapat menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh, membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru dan permukaan kulit dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh sehingga menjaga suhu tubuh tetap stabil.
  • Pembantu proses pencernaan makanan
    Air membantu produksi air liur saat makanan berada di mulut, melarutkan dan melumasi makanan agar masuk ke kerongkongan.
  • Pelumas dan bantalan
    Air berfungsi sebagai pelumas dalam bentuk cairan sendi sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Selain itu, air menjadi bantalan tahan getar pada jaringan tubuh, seperti otak, medulla spinalis, mata dan kantong amnion dalam rahim.
  • Media transportasi
    Air  membantu transportasi oksigen dalam tubuh dan sebagai media transportasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan napas.
  • Media eliminasi sisa metabolisme
    Dengan air, sisa-sisa metabolisme dalam tubuh dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran napas dan kulit.  

Pada tubuh orang dewasa setiap harinya  sekitar 1050 ml sampai 3100 ml air menghilang melalui respirasi , penguapan , urin dan sisa metabolisme yang setara dengan 4 sampai 12 gelas air . Dengan demikian , kita perlu minum rata-rata 8 gelas air setiap hari untuk menjaga tingkat air pada tubuh . Namun itu juga tergantung pada faktor-faktor lain seperti berat badan, tingkat aktivitas fisik , suhu dan kelembaban udara.

Tubuh manusia memperoleh mineral dari makanan bukan dari air minum. Setiap liter air mineral hanya mengandung unsur mineral yang sangat kecil, jika manusia hanya mengandalkan air mineral untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuhnya , maka manusia perlu minum beberapa ratus liter air mineral setiap harinya . Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memiliki diet makanan yang seimbang  untuk memenuhi kebutuhan mineral. 

Sistem pencernaan pada bayi belum berkembang dengan baik dan bayi tidak bisa dengan mudah mencerna mineral. Orang tua dianjurkan untuk menggunakan air distilasi untuk mempersiapkan susu formula. Selain itu , orang dengan masalah ginjal atau penyakit kardiovaskular tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi terlalu banyak mineral , sehingga air mineral tidak cocok untuk mereka juga.

Hubungi Kami

Jabodetabek :
Jawa Barat :
Jawa Tengah :
Jawa Timur :

Untuk tampilan lebih baik

Putar Orientasi Layar Anda